Tips Komputer, Internet, Blogging, dan Android

Kenali Fungsi Tombol Windows pada Keyboard

Kenali Fungsi Tombol Windows pada Keyboard

Banyak tombol di keyboard yang belum banyak diketahui fungsinya, salah satunya adalah tombol windows. Dengan menekan tombol ini dan memadukannya dengan tombol keyboard lain akan berfungsi sesuai perintah yang diberikan si penekan tombol itu. Coba anda kenali fungsi-fungsi tombol windows berikut ini karena akan mempermudah dan mempercepat aktivitas Anda  dalam menggunakan Keyboard dibandingkan menggunakan mouse.
1.   Windows + Home
Ketika Anda sedang banyak membuka jendela dalam satu layar, dengan menekan tombol Windows + Home maka semua jendela yang tidak aktif akan menjadi tersembunyi (Minimize). Dan supaya muncul kembali Anda tinggal menekan tombolnya lagi.
2.   Windows + +
Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan Magnifier dan fitur zoom ini. Dengan fitur zoom ini, Anda bisa memperbesar ukuran tampilan layar menjadi sesuai keinginan
3.   Windows + –
Tombol ini merupakan kebalikan dari tombol Windows + +. digunakan untuk zoom out atau memperkecil layar memakai aplikasi Magnifier.
4.  Windows + Panah Atas (↑)
Berfungsi untuk memperbesar ukuran jendela aplikasi yang sedang aktif dengan cepat dan mudah. Tombol ini akan membuat jendela ditampilkan dalam ukuran fullscreen.
5.   Windows + Panah Bawah (↓)
Untuk me-restore ukuran jendela yang sudah maximize /full scren, apabila di tekan sekali lagi maka akan berubah menjadi minimize.
6.   Windows + Panah Kiri (←)
Jika Anda ingin menggeser jendela ke sebelah kiri layar tekan saja tombol Windows + Panah Kiri (←) . Dan Ketika Anda tekan secara terus-menerus menekan tombol Windows + Panah Kiri (←) jendela terus bergerak ke arah kiri sampai meninggalkan layar. Kemudian, jendela akan muncul kembali di layar melalui sisi sebelah kanan hingga posisi asalnya.
7.   Windows + Panah Kanan (→)
Pintasan tombol Windows + Panah Kanan (→) ini kebalikan dari tombol Windows + Panah Kiri (←). Tombol Windows + Panah Kanan (→) digunakan untuk menggeser jendela ke sisi kanan layar.
8.   Windows + Angka
Tombol ini berfungsi untuk membuka program yang ada pada bar Quick Launch di taskbar dengan cepat dan mudah. Sesuai urutannya dari kiri ke kanan, Anda cukup menekan tombol Windows yang dipadukan dengan tombol angka. Misalnya, untuk meluncurkan program yang terletak pada deretan pertama atau sisi paling kiri, tekanlah tombol Windows + 1 dan begitu pula seterusnya sesuai jumlah ikon program yang ada di taskbar.
9.  Windows + D
Fungsinya untuk menampikan layar desktop, Ketika Anda sedang menggunakan aplikasi, Cara paling cepat menampikan layar desktop dengan menekan Windows + D
10. Windows + E
Anda ingin membuka windpws Explorer gunakan saja pintasan timbol Windows + E. maka jendela Windows Explorer akan terbuka.
11. Windows + F
Anda ingin melakukan pencarian file, folder di komputer, silahkan dicoba juga tombol Windows + F ini.
12. Windows + Pause
Berfungsi untuk mengetahui informasi dasar system komputer, yang berada pada control panel > system and Security > System.
13. Windows + L
Berfungsi untuk mengunci windows, ketika Anda sedang menggunakan komputer dan Anda harus meninggalkan komputer, untuk keamanan Anda boleh menguncinya dengan menekan tombol Windows + L.
14. Windows + M
Fungsinya untuk meminalkan (minimize) jendela yang sedang aktif.
15. Windows + Shift + M
Kebalikan dari tombol Windows + M, untuk menampilkan kembali semua jendela aplikasi tersembunyi (Minimize)
16. Windows + P
Untuk Anda yang menggunakan laptop gunakan tombol Windows + P untuk menghubungkan Laptop dengan LCD Proyektor.
17. Windows + R
Berfungsi untuk menampilkan Kotak dialog Run.
18. Windows+R dan ketik psr.exe pada kotak doalog Run
    Untuk menampilkan rekaman di dalam Windows. Anda dapat membuat rekaman dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows.
19.Windows +R dan Ketik osk Pada kotak dialog Run
     Tiba-tiba akan muncul keyboard virtual, dan bisa langsung digunakan oleh Anda.
20. F5
Berfungsi sebagai pengganti Refresh, yang dilakukan dengan menggunakan mouse kemudian klik kanan pada desktop.
21. Alt + Tab
Tombol Alt + Tab digunakan untuk mengaktifkan fitur Windows Flip. Dengan menekan tombol ini akan kinerja Taskbar akan maksimal karena dapat menampilkan gambar thumbnail jendela aplikasi yang sedang aktif.
22. Ctrl + Shift + Esc (alternatif Ctrl + Alt + Del)
Untuk menampilkan jendela Windows Task Manager. Dengan menggunakan program ini Anda akan dapat mengetahui aplikasi yang sedang berjalan, proses yang sedang berlangsung pada komputer, pelayanan pada komputer, aktivitas memori dan prosesor, jaringan yang terhubung dengan komputer Sahabat, dan nama akun pengguna yang sedang aktif.
23.  Alt + F4
Fungsinya untuk menutup jendela aplikasi yang sedang aktif di desktop. Atau bisa digunakan untuk Shutdown, Switch User, Log Off, Restart, Sleep. 
24.  Ctrl + A
Tombol ini berfungsi untuk menyeleksi atau membloks teks.
25.  Ctrl + T
       Berfungsi untuk membuat tab baru ketika Anda sedang menggunakan browser.
26. Ctrl + W
Berfungsi untuk menutup jendela Browser, atau untuk close pada Ms. Office
27. Ctrl + Esc
Fungsinya untuk memunculkan layar Start
28. Alt + Spasi + C
     Untuk menutup halaman yang sedang dibuka.
0 Komentar untuk "Kenali Fungsi Tombol Windows pada Keyboard"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih

Back To Top