Tips Komputer, Internet, Blogging, dan Android

Tips Merawat Printer Supaya Awet dan Tahan Lama



Suatu saat saya berkunjung ke tempat servis Komputer dan Printer yang berada di daerah Saya  di Ciamis, ketika saya masuk banyak sekali printer yang akan di servis. Saya iseng tanya teknisinya, katanya 70% printer yang bermasalah ini adalah printer yang harus diganti catridgenya. 
Wah pantesan permintaan catridge sangat tinggi dipasaran. 
Menurut pengalaman saya merawat printer merupakan suatu kewajiban, karena kalau tidak dirawat akan timbul berbagai masalah, seperti hasil print yang bergaris, ataupun hasil print yang tidak nampak sama sekali. 
Berikut ini saya akan membagikan tips merawat printer yang telah saya praktekan selama bertahun-tahun. Silahkan dibaca dan dipraktekan !
  1. Gunakan tinta yang bagus (maaf bukan promosi, saya pakai Tinta Merk Blue Print) Jika Anda memiliki keuangan yang cukup silahkan beli tinta original.
  2. Gunakan kertas yang bagus (Rekomen sih pakai Merk Bola Dunia atau Sinar Dunia) 
  3. Tutup printer Anda menggunakan plastik atau kain selama tidak digunakan supaya debu tidak masuk dan mengotori bagian dalam printer. Head catridge dapat tersumbat oleh debu, kalau tidak cepat dibersihkan debunya maka catrdidge printer Anda akan rusak (hasil cetak bergaris).
  4. Gunakan Printer Anda untuk mencetak minimal seminggu 3 kali. Tinta akan akan mengering kalau tidak dipakai mencetak dalam waktu yang lama.
  5. Khusus untuk Anda yang masih menggunakan printer tanpa di infus, jangan mengisi Tinta terlalu banyak supaya tinta tidak meluber. Kecuali tutup catridgenya dilepas.
  6. Ketika ngeprint jangan menggunakan Print Quality High, karena catridge akan cepat rusak. gunakan saja yang standard.
  7. Ketika hasil print kurang sempurna, misalnya sedikit bergaris silahkan ambil catridge yang bermasalah kemudian ambil tisu kering dan usapkan dengan perlahan dan hati-hati di atas permukaan head. 
  8. Dan jika masih tetap hasil print masih tetap bergaris silahkan gunakan suntikan kosong untuk mendorong debu yang menyumbat head. Caranya tempelkan suntikan yang sudah terisi udara pada lubang catridge, kemudian dorong sedikit sampai dari head catridge mengeluarkan tinta. Lap tinta yang keluar menggunakan tisu kering. Silahkan coba catridge untuk mencetak. 
Demikian tips merawat printer dari saya, semoga tips ini bermanfaat. Untuk Anda yang sedang memiliki masalah mengenai Printer Canon Pixma ip 2770 silahkan baca artikel saya Cara memperbaiki printer canon ip 2770


0 Komentar untuk "Tips Merawat Printer Supaya Awet dan Tahan Lama"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih

Back To Top