Tips Komputer, Internet, Blogging, dan Android

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon Bergaris Atau Putus-Putus

Printer Canon
Printer Canon
Hasil Cetak Printer Canon Bergaris  atau putus-putus sudah sering saya alami dan hal ini dapat diperbaiki sendiri tanpa harus membawa printer ke tempat service. Andapun dapat memperbaikinya sendiri, namun sebelum Anda memperbaikinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. 


Penyebab Hasil Cetak Printer Canon Bergaris Atau Putus-Putus


  1. Terlambat mengisi tinta, pengisian tinta yang tidak tepat akan membuat catridge kosong dan ketika digunakan untuk mencetak maka head (tempat keluarnya tinta di bawah catridge) akan bergesekan langsung dengan kertas dan dapat menimbulkan goresan pada head. 
  2. Tinta kering karena printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Adanya debu atau kotoran yang menempel pada head sehingga tinta yang keluar tidak normal karena tersumbat oleh debu. 
  4. Tinta tidak kompatibel/tidak cocok dengan printer, jangan lupa tinta untuk merk Epson dan Canon tidak sama dan jika salah memakainya maka akan timbul masalah.
  5. Mainboard rusak, kerusakan komponen tertentu pada mainboard printer dapat menyebabkan hasil print bergaris atau bahkan tidak nampak. Teman saya pernah menyuruh untuk memperbaiki catridge printernya yang bergaris dan setelah beberapa kali saya lakukan pengecekan pada catridge tersebut tidak ada masalah, setelah saya memasukan catridge pada printer yang lain barulah bisa diketahui permasalahannya, ternyata mainboard printernya rusak. 

Itulah lima penyebab utama Catridge Printer Canon Bergaris, Untuk mengatasi permasalahan di atas saya akan memberikan solusinya.


Solusi Hasil Cetak Printer Canon Bergaris Atau Putus-Putus


  1. Pastikan Anda sudah mengisi tinta sebelumnya, tunggu beberapa menit (misalnya 30 menit) jika Anda baru mengisi tinta, karena sebagian catridge ada yang harus menunggu agak lama supaya tinta turun dan membawasi head.
  2. Untuk mengetahui kondisi head catridge tersebut silahkan ambil catridge dari printer, ambil tisu kering yang bersih kemudian tempelkan tisu tersebut tepat di bawah head dengan sedikit di tekan, lihat hasilnya ! Jika hasilnya bagus tinta keluar membasahi tisu dengan cepat berarti Catridge Anda tergores dan Anda dapat menggantinya dengan catridge baru. Goresan permanen pada catridge belum dapat diperbaiki. Jika Anda mendapati tinta pada tisu sedikit bahkan tidak ada maka head catridge biasanya tersumbat. Caranya Anda bisa menggunakan toolkit penyedot tinta (jika punya), jika tidak silahkan menggunakan suntikan bekas, Anda cukup menempelkan ujung suntikan (tempat keluarnya angin) pada lubang tempat pengisian tinta, masukan angin sedikit saja untuk mengeluarkan debu yang berada pada head, biasanya tinta akan keluar dari head. Tinta yang keluar dari head diberishkan dengan tisu kemudian tempelkan kembali tisu kering pada head tersebut dan perhatikan hasilnya, jika tinta sudah keluar dari head dan membasahi tius dengan rata berarti sudah normal. Silahkan langsung mencoba mencetak. Saya sudah berulang kali melakukan cara ini berhasil. 
  3. Untuk permasalahan tinta kering dan membeku, silahkan Anda untuk membongkar catridge tersebut dan mencuci busa yang terdapat pada catridge tersebut. Busa adalah tempat meresapnya tinta pada head. Jadi, jika dalam busa terdapat tinta yang kering maka biasanya tinta tidak akan lancar meresap. Setelah busa di cuci dengan air bersih selanjutnya Anda harus mengeringkan busa tersebut. Cara mengeringkannya bisa di jemuri di bawah sinar matahari, Jika sudah kering silahkan dimasukan kembali pada catridge dan langsung di isi lagi tinta. Kemudian di coba dulu tes pada tisu apakah tintanya sudah membasahi head atau belum. Setelah dirasa bagus silahkan Anda untuk melakukan pengeleman pada penutup catridge supaya menempel dengan kuat. 
  4. Jika Anda melakukan melakukan kesalahan dalam pengisian tinta, misalnya salah memasukan merk tinta, cara mengatasinya sama seperti pada nomor 3. 
  5. Jika ternyata mainboard yang rusaknya, maka Anda harus menggantinya. Mainboard printer dapat diganti, biasanya saya menggantinya dengan mengambil mainboard dari printer yang rusak tetapi mainboardnya masih bagus.
Silahkan Anda coba cara-cara diatas dan semoga dapat menjadi solusi sehingga printer Anda dapat kembali digunakan dengan normal. Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon Bergaris atau Putus-putus yang saya buat ini merupakan pengalaman yang sudah saya lakukan dan biasanya dapat teratasi. Saya juga dulu ketika baru pertama kali memiliki printer tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan cara merawat dan memperbaiki printer. Tapi dengan waktu yang lama menggunakan printer akhirnya dapat mengetahui faktor apa saja yang dapat membuat Hasil Cetak Printer Canon Bergaris atau putus-putus. Seperti kata pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, nah kata pepatah tersebut cocok juga buat printer "daripada rusak lebih baik merawatnya". 


Cara merawat printer menurut saya sangat mudah kok, Anda tidak perlu mengeluarkan waktu ekstra bahkan biaya mahal. Dan jikaAnda selalu merawat printer maka printer tersebut akan awet dan tidak mudah rusak. Apalagi sekarang harga catridge terus naik, makanya harga printernya pun cukup mahal. Hasil Cetak Printer Canon Bergaris atau putus-putus seharusnya tidak terjadi jika anda memahami dan tahu cara merawat printer. Berikut ini cara merawat printer yang sudah saya lakukan :
  1. Jangan membiarkan kertas berada pada paper tray (tempat kertas pada printer) karena jika dibiarkan dalam waktu lama akan terkena debu dan kotoran. Sehingga nantinya akan membuat head tersumbat dan hasil cetak bergaris, bahkan tidak muncul sama sekali.
  2. Gunakan tinta yang sudah teruji dan cocok dengan printer Anda. Jangan menggunakan tinta merk printer lain.
  3. Tutupi printer dengan kain atau plastik jika dalam waktu yang cukup lama tidak akan digunakan. Lebaik lagi masukan pada kardusnya lagi. hal ini untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam printer.
  4. Jika membiarkan tinta kosong pada catridge, segera isi kembali.

Demikian solusi yang dapat saya berikan, semoga dengan membaca postingan dari saya ini Anda dapat mengetahui Cara Mengatas Hasil Cetak Printer Canon Bergaris Atau Putus-Putus.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon Bergaris Atau Putus-Putus "

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih

Back To Top