Tips Komputer, Internet, Blogging, dan Android

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charge (Cas)



Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang Cara mengatasi Smartphone yang tidak bisa di Charge (Cas) postingan ini sesuai dengan pengalaman saya beberapa hari yang lalu ketika melihat keponakan saya mau men-cas Smartphone-nya yang tidak dimatikan tapi tidak bisa sampai beberapa kali di coba tetapi masih tetap tidak bisa. Kemudian charger tersebut dipakai untuk Smartphone yang lain dan ternyata tidak ada masalah.
Akhirnya saya menyuruh dia untuk mematikan Smartphone-nya terlebih dahulu kemudian suruh di Cas. Alhamdulillah bisa di Cas. Ini adalah pengalaman yang saya sudah dua kali dan solusinya hanya hal sepele, yaitu cukup mematikan SmartPhone terlebih dahulu kemudian di cas.

Pengalaman di atas banyak dialami oleh pengguna Smartphone, dan setiap masalah Smartphoen tidak bisa di cas memiliki penyebab yang berbeda-beda dan cara mengatasinya berbeda pula. Berikut ini saya berikan uraian tentang berbagai macam masalah Smartphone yang tidak bisa di Cas dan cara mengatasinya.

Smartphone Tidak Bisa di Cas Sama Sekali 

Apabila Anda mengalami Smartphone Anda tidak bisa di cas sama sekali maka Anda harus melakukan dua hal di bawah ini :
  1. Smartphone mengalami kekosongan batrai, hal ini terjadi ketika Anda menggunakan Smartphone sampai kosong batrainya. Maka ketika di cas Smartphone tidak akan bisa mengsisi batrai langsung, biasanya memerlukan waktu beberapa menit untuk memulai pengisian daya pada batrai tersebut. Saran saya Anda jangan menggunakan Smarphone sampai batrainya kosong, biasanya ketika batrai tersisa 15% suka ada peringatan "Batrai Lemah" segera cas Smartphone Anda sebelum batarainya kosong.
  2. Port USB rusak atau kotor kotor, masalah Port USB rusak atau kotor bisa terjadi karena seringnya "Cabut Colok" saya sering melihat orang yang mencas hanya dalam waktu kurang lebih lima menitan. Kebiasaan ini akan membuat batrai cepat kosong dan rusaknya Port USB Smartphone. Jika Anda mengalami Port USB yang rusak Anda bisa mengatasinya dengan memasukan tusuk gigi atau lidi juga bisa, caranya matikan dulu Smartphone Anda kemudian keluarkan batrainya dan masukan tusuk gigi atau lidi ke dalam Port USB dengan hati-hati dan perlahan, ulangi beberapa kali kemudian silakan di coba untuk mencas lagi. Anda dapat mempbersihakan Port USB ketika Smartphone Anda sedang tidak bisa di cas, Port USB bisa kotor karena Smartphone sering disimpan di saku celana. cara membersihkannya cukup mudah Anda dapat meniup Port USB dengan kencang atau menggunakan Kompresor.
  3. Kabel dan Adapter Tidak Kompatibel atau rusak. Untuk mengatasi hal ini sangat mudah Anda cukup mengganti atau menukar kabel dan Adapter dengan yang lainnya. Saya sarankan Anda untuk menggunakan kabel dan Adapter yang asli sesuai dengan merk Smarphone Anda. Charger yang abal-abal dikhawatirkan akan merusak batrai Smartphone Anda.

Smartphone Ketika di cas Putus Nyambung

Smartphone ketika di cas putus nyambung ? bisa saja terjadi, hal ini penyebabnya adalah Adapter atau kabel usb yang bermasalah. Cara mengatasinya cukup mudah seperti penjelasan di atas Anda cukup menukar kabel usb dan Adapter.

Smartphone Harus Dimatikan Ketika Di Cas

Banyak pengguna Smartphone yang tidak mematikan Smartphone-nya ketika di cas dan sambil digunakan untuk internet dan nelpon, hal ini akan berpengaruh pada :
  • Batrai akan cepat aus (boros) 
  • Pengisian lebih singkat tetapi cepat habis

Mencarge (ngecas) Jangan Lebih dari Tiga Jam

Biasanya hal ini dilakukan ketika akan tidur, sebelum tidur mencas dulu dengan alasan supaya ketika bangun Smartphone sudah penuh batrainya dan langsung bisa digunakan. Hal ini bisa merusak batrai Smartphone Anda.

Jangan ngecas menggunakan Komputer/PC atau Laptop/Netbook

Ketika saya ke warnet banyak orang yang mengecas Smartphone mereka dengan memanfaatkan USB Komputer, alasannya karena tidak membawa Casan. Kebiasaan seperti jika dilakukan terus dapat memicu rusaknya saluran arus listrik pada Smartphone. Karena setiap Komputer/Laptop/Netbook berbeda-beda kapasitas daya hantar dayanya.

Jika Anda mengisi daya batrai Smartphone dengan cara yang benar maka Batrai Smarphone Anda akan lebih tahan lama. Harga Batrai Smartphone cukup lumayan mahal. Saya sarankan jika Anda akan megganti batrai belilah batrai yang original. Batrai original akan memiliki daya simpan yang bagus dan tidak akan merusak komponen Smartphone Anda. Jika durasi batrai Anda semakin singkat segeralah untuk beli batrai dan menggantinya.

Batrai Smartphone Anda memiliki batas isi ulang, dan jika sudah mencapai batas isi ulang maka batrai akan cepat penuh jika di cas, dan cepat habis ketika digunakan.

Demikian Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charge (Cas) semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charge (Cas)"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih

Back To Top